Memanfaatkan kelemahan orang

Saya seorang psikolog amatir, dan seringkali hanya sebagai pengamat perilaku. Meskipun bidang keahlian saya bukan psikologi, saya juga sesekali membaca buku dan artikel yang berkaitan dengan bidang ini. Salah satu topik yang saya minati adalah psikologi kognitif.

Ada perilaku dimana ketika kelemahan kita dimanfaatkan oleh orang lain. Ini adalah beberapa kelemahan tersebut, seperti mudah tersanjung dengan pujian, mudah kasihan, mudah terpancing permainan emosi, dan takut merasa berbeda dengan orang lain.

Di sisi lain, ada juga perilaku yang memanfaatkan kelemahan orang lain untuk menonjolkan diri atau glorifikasi diri. Hal ini dilakukan agar ia dianggap hebat dan dipuji oleh orang lain. Misalnya, mengkritik kelemahan orang lain dan sekaligus memamerkan prestasi diri. Menunjukkan bahwa dirinya hebat, lebih baik dari yang dikritik. Walaubagaimanapun, ini sepertinya memanfaatkan kelemahan orang lain dan sekaligus menunjukkan kelemahan diri sendiri yaitu harga diri yang rendah (low self-esteem).

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

This blog is mainly written for my own purposes. There has never been any claim that this is an original work.