Mengapa perlu menulis?

Saya sudah menulis di blog ini sejak bulan Oktober 1999, dan alhamdullilah saya merasakan bahwa saya banyak mendapat manfaat dari menulis. Menurut plugin yang saya instal di blog ini, saya telah menulis 2,082 postingan, 29 halaman, 41 draf, dan 531,166 kata. Sebagai dosen, sudah barang tentu saya juga melakukan penelitian dan menulis artikel di jurnal-jurnal ilmiah. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang kita perolehi dari menulis.

  • Kita dapat merenungkan lebih dalam mengenai pemikiran kita sehingga dapat menjadi pembelajaran reflektif yang lebih kaya. Ada pepatah yang mengatakan “Saya mendengar dan saya lupa. Saya melihat dan saya ingat. Saya melakukan dan saya mengerti.” 
  • Dengan menulis kita dapat mengklarifikasi pemikiran dan menyusun ide-ide. Hal ini dapat memperjelas konsep, pendekatan, dan instrumen yang tepat yang digunakan dalam pekerjaan, terutama untuk pekerjaan saya sebagai dosen. Dengan menjelaskan masalah kepada diri sendiri kita akan mendapatkan perspektif yang lebih baik.
  • Menulis akan membantu mengumpulkan, mengatur, mensintesis, dan mengemas kembali topik-topik yang kita tulis.
  • Kepribadian kita dapat dicerminkan dengan kreativitas kita dalam menulis. Kita dapat bermain dengan kata-kata.
  • Menulis juga dapat membantu ingatan, baik untuk diri kita dan juga orang lain.
  • Sebagai dosen, saya merasakan bahwa praktik menulis dan refleksi secara teratur dapat membantu praktik pembelajaran yang lebih terstruktur dan teratur. Ini membantu mengintegrasikan dan mempertanyakan informasi yang telah kita tulis.
Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

This blog is mainly written for my own purposes. There has never been any claim that this is an original work.