Bibliometrik

Saya baru tahu bahwa publikasi saya diberbagai jurnal telah otomatis dikumpulkan oleh Microsoft Academic. Karena sudah dikumpulkan, saya tinggal membuat akun dan memperbarui informasi dan meletakkan foto saya. Sepertinya ini adalah salah satu usaha Microsoft menyaingi Google Scholar. Seperti yang kita ketahui, metode bibliometrik ini digunakan untuk analisis publikasi ilmiah yang disebut scientometrics.

Penggunaan bibliometrik yang berlebihan dalam penilaian penelitian ilmiah mendorong permainan untuk mendapatkan hasil bibiometrik yang bagus seperti menerbitkan publikasi ilmiah dalam jumlah besar dengan kualitas ilmiah yang rendah, menerbitkan penelitian prematur untuk memenuhi angka, saling sitasi, dan melakukan penelitian yang hanya berfokus pada popularitas topik daripada nilai ilmiah dan minat penulis. Saya melihat dengan jelas permainan ini di depan mata saya. Kritikus berpendapat bahwa ketergantungan yang berlebihan pada scientometrics telah menciptakan sistem insentif yang salah yang akan menghasilkan penelitian yang berkualitas rendah.

Walaubagaimanapun, data bibliometrik penting supaya kita dapat menganalisis publikasi ilmiah. Di bawah ini adalah bibliometrik saya yang dikumpulkan dari beberapa sumber.

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

This blog is mainly written for my own purposes. There has never been any claim that this is an original work.