Sifat empati

Bagi saya, memiliki sifat empati adalah salah satu kriteria utama bagi pemimpin, terutama untuk pemimpin masyarakat. Banyak orang cerdas tapi kurang sifat empatinya. Hal terlihat jelas waktu pandemi COVID-19 ini. Empati adalah kapasitas untuk memahami atau merasakan apa yang dialami orang lain dari dalam kerangka acuan mereka, yaitu kapasitas untuk menempatkan diri pada posisi orang lain.

Sebenarnya, dengan mudah kita dapat menilai apakah seseorang itu mempunyai sifat empati atau tidak. Di bawah ini ada beberapa indikator yang bisa menjadi acuan kita untuk menilai sifat empati tersebut.

  • Orang yang sangat berempati memiliki rasa ingin tahu yang tak terpuaskan jika berhubungan dengan orang yang tidak dia kenali. Sebagai contoh, mereka akan berbicara dengan orang yang duduk di sebelah mereka di bus karena ada rasa ingin tahu. Mereka menganggap orang lain lebih menarik daripada diri mereka.
  • Orang yang sangat berempati tidak memiliki asumsi, cepat melabel, dan tidak berprasangka buruk kepada orang lain.
  • Orang yang sangat berempati memperluas empati mereka dengan mendapatkan pengalaman langsung dari kehidupan orang lain.
  • Orang yang sangat berempati adalah pendengar yang baik. Mereka mendengarkan orang lain dengan seksama untuk memahami keadaan orang lain.
  • Orang yang sangat berempati dapat menjadi penggerak massa dan membawa perubahan sosial yang mendasar. Sebagai contoh adalah gerakan melawan perbudakan pada abad ke-18 dan ke-19.
  • Orang yang sangat berempati juga berempati dengan musuhnya. Hal ini juga merupakan jalan menuju toleransi sosial. Hal ini ditunjukkan oleh Gandhi selama konflik antara Muslim dan Hindu menjelang kemerdekaan India pada tahun 1947, ketika dia menyatakan, “I am a Muslim and a Hindu and a Christian and a Jew and so are all of you.”

Coba lihat pemimpin Anda, apakah mereka mempunyai sifat-sifat atau perilaku di atas?

Rujukan: https://en.wikipedia.org/wiki/Empathy | https://greatergood.berkeley.edu/article/item/six_habits_of_highly_empathic_people1

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

This blog is mainly written for my own purposes. There has never been any claim that this is an original work.