Ternyata kita kaya jiwa

Rasulullah mendefinisikan siapa orang kaya seperti dikutip Bukhari dan Muslim, “Bukanlah yang dinamakan kaya itu karena banyak harta, tetapi yang dinamakan kaya sebenarnya adalah kayanya jiwa.” Mencermati makna hadis di atas, Rasulullah ternyata memiliki definisi berbeda dengan kebanyakan kita tentang siapa orang kaya. Orang yang jiwanya kaya tidak akan segan-segan memberi. Saya optimis dan gembira melihat bangsa ini yang yang mempunyai World Giving Index (WGI) tertinggi di dunia! Kita sebenarnya kaya kalau dilihat dari perspektif ini. Alhamdullilah.

The World Giving Index (WGI) adalah laporan tahunan yang diterbitkan oleh Charities Aid Foundation, menggunakan data yang dikumpulkan oleh Gallup, dan memeringkat lebih dari 140 negara di dunia berdasarkan seberapa amal mereka. Tujuan dari World Giving Index adalah untuk memberikan wawasan tentang ruang lingkup dan sifat memberi di seluruh dunia. Edisi pertama dirilis pada September 2010. Edisi terbaru diterbitkan pada tahun 2021, dengan peringkat Indonesia, Kenya, dan Nigeria sebagai tiga besar.

Rujukan: https://en.wikipedia.org/wiki/World_Giving_Index | https://www.republika.co.id/berita/mubmpr/siapakah-orang-kaya-itu

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

This blog is mainly written for my own purposes and is based on "Google here, Google there." There has never been any claim that this is an original work.