Membaca dan menilai tesis Ph.D.

Mungkin ada yang bertanya, berapa lama saya membaca dan menilai sebuah tesis Ph.D.? Sejak tahun 2008, saya telah menilai puluhan tesis mahasiswa Ph.D. dari berbagai universitas di Malaysia, Indonesia, India dan Kanada. Dulu saya memerlukan waktu yang agak lama untuk membaca dan menilai, namun sekarang cukup 1-2 hari saya sudah dapat melihat kelebihan dan kelemahan dari tesis yang dinilai, dan langsung bisa menuliskan rekomendasi.

Mungkin karena pengalaman saya membimbing lebih dari tiga puluh mahasiswa Ph.D., dan menilai ratusan proposal dan artikel yang dipublikasikan di jurnal ilmiah, baik sebagai penilai dan editor, tanpa disadari kemampuan analisis saya menjadi lebih terasah. Disamping itu, saya juga terbiasa berdiskusi dengan mahasiswa, mungkin hampir setiap hari (ketika suatu waktu dahulu, mahasiswa Ph.D. yang sampai bimbing jumlahnya belasan orang). Secara tidak sadar saya menerapkan metode Sacrotes dalam karir saya sebagai peneliti. Metode Socrates adalah suatu bentuk dialog argumentatif kooperatif berdasarkan bertanya dan menjawab pertanyaan untuk merangsang pemikiran kritis dan untuk menarik ide yang mendasarinya.

Walaubagaimanapun, dengan meningkatnya umur, kemampuan fisikal saya sudah mulai berkurang. Sudah tidak kuat lagi begadang menyelesaikan pekerjaan. Ini hukum alam, sunnatullah.

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

This blog is mainly written for my own purposes. There has never been any claim that this is an original work.