Gangguan mental

Lukisan oleh Théodore Géricault yang menggambarkan seorang lelaki tua dengan delusional disorder.

Gangguan mental atau kejiwaan adalah tingkah laku yang tidak normal. Orang yang sakit mental ini biasanya akan mengalami gangguan kesehatan karena akan mengalami perasaan tidak tenang, sukar untuk tidur, dan berbagai gangguan kejiwaaan lainnya. Penderita tidak dapat membedakan antara kenyataan dan imajinasi. Saya pernah menulis ini pada akhir tahun 2019 mengenai salah satu penyakit mental yang disebut sebagai delusional disorder (kecelaruan delusi). Jika tidak ditangani dengan serius, orang yang mengalami gangguan mental ini dapat mengganggu orang-orang disekelilingnya bahkan organisasi.

Diagnosis jenis tertentu dari gangguan delusi terkadang dapat dibuat berdasarkan isi delusi tersebut. Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM) menyebutkan tujuh jenis kecelaruan delusi:

  • Delusi erotomanik (erotomania): khayalan terhadap orang lain, seringkali tokoh terkemuka, dan jatuh cinta dengan individu tersebut.
  • Delusi keagungan (megalomania): delusi terhadap kekuasaan, pengetahuan, dan identitas dan mengklaim orang lain sebagai penipu atau peniru.
  • Delusi cemburu: khayalan bahwa pasangannya tidak setia. Biasanya penderita sakit mental ini selalu memeriksa pesan teks, email, panggilan telepon, dan lain-lain untuk menemukan “bukti” ketidaksetiaan pasangan.
  • Delusi paranoia: khayalan bahwa dirinya telah diperlakukan dengan kejam. Penderita sakit mental ini mungkin percaya bahwa dia telah dimata-matai, disakiti, dilecehkan dan sebagainya dan mungkin mencari “keadilan” dengan membuat laporan, mengambil tindakan atau bahkan bertindak kasar.
  • Delusi somatik: delusi memiliki cacat, masalah kesehatan atau penyakit.
  • Delusi campuran: delusi dengan karakteristik lebih dari satu tipe di atas.
  • Delusi dengan jenis yang tidak dapat ditentukan: delusi yang tidak dapat ditentukan dengan jelas atau ditandai dalam salah satu kategori tertentu.

Secara kebetulan, saya pernah mengenali orang yang mempunyai gejala penyakit mental ini, dan orang ini sangat mengganggu orang-orang disekelilingnya.

Rujukan

https://en.wikipedia.org/wiki/Delusional_disorder

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

Get in touch with me online. This blog has a table of content and mainly written for my own purposes and based on "Google here, Google there." There has never been any claim that this is an original work. You can use the customized search engine to search for anything on this website.