Sakit mental

Seringkali tanpa kita sadari, kita mungkin berhadapan dengan orang yang menderita sakit mental dan menyebabkan masalah dalam masyarakat. Salah satu penyakit mental tersebut adalah delusional disorder yang jumlah penderitanya tidak banyak, hanya 0.2% dari populasi. Walaupun sedikit, namun saya menemukan dan kenal dengan orang dengan ciri-ciri sakit mental ini. Ciri-ciri penderita penyakit mental ini adalah seringkali mengalami delusi, dan menganggap hal-hal yang sebenarnya adalah khayalan, dan tidak pernah terjadi, adalah benar terjadi. Orang seperti ini akan menjadi berbahaya jika ditambah dengan memiliki perasaan hasad dan dengki terhadap orang lain.

Untuk mendukung seseorang dengan gangguan penyakit mental ini, sebaiknya jangan menantang fakta yang mereka yakini benar. Jangan mendukung atau menolak apa yang mereka katakan. Ikuti perasaan yang muncul dari apa yang mereka yakini, daripada membenarkan, menjelaskan, atau menemukan bukti untuk membantah atau mengkonfirmasi klaim mereka.

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

Get in touch with me online. This blog has a table of content and mainly written for my own purposes and based on "Google here, Google there." There has never been any claim that this is an original work. You can use the customized search engine to search for anything on this website.