Sosial media

Jangan biarkan media sosial memengaruhi harga diri Anda, ambil kiat ini:

  • Ketahui harga diri Anda; jangan mengukur popularitas atau kecantikan Anda berdasarkan “suka” yang Anda dapatkan di instagram atau bentuk media sosial lainnya.
  • Berbahagialah tentang diri sendiri dan kagumi kekurangan Anda sendiri
  • Blokir media sosial sesekali dan nikmati aktivitas lainnya
  • Hindari perbandingan dengan orang lain
  • Memiliki pikiran yang positif

Ingatlah untuk menggunakan kekuatan media sosial untuk kebaikan. Namun ada alasan yang lebih penting. Di bawah ini adalah alasan mengapa saya jarang posting di Facebook akhir-akhir ini. Jawabannya ada dalam surah Al-Hadid ayat 20.

“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.”

Rujukan
http://www.expressionschallenge.com/are-likes-and-filters-affecting-your-self-esteem/

Published by

Hadi Nur

My name is Hadi Nur, a professor at Universiti Teknologi Malaysia (UTM) and an adjunct professor at Universitas Negeri Malang (UM). I can be reached easily online. Here, the table of content of my blog posts and search what you are looking for here.