Kritikan dan hubungan antar manusia

Screen Shot 2018-05-17 at 10.20.48 AM

Kita banyak membaca dan mendengar kritik. Secara definisi kritik adalah pendapat dari seseorang terhadap sesuatu yang dianggap tidak baik. Seringkali akibat kritik, hubungan antara manusia menjadi rusak atau terganggu karena orang yang dikritik merasa tidak senang.

Kritik akan merusak hubungan ketika kritik tersebut menyerang pribadi atau karakter seseorang, bukan perilaku seseorang. Sebagai contoh, saya pernah melihat komentar dari Prof. Mohammad Mahfud MD di acara Indonesia Lawyers Club (ILC) mengenai Lesbian, Bisexual, Gay, and Transgendered (LBGT). Beliau mengatakan bahwa yang dikutuk dari LBGT adalah perilaku dari LBGT, bukan orangnya. Kritik juga akan menjadi masalah jika hanya menyerang dan menghantam kesalahan-kesalahan tanpa ada solusi untuk menghindari kesalahan-kesalahan tersebut. Kritik yang hanya berdasarkan kepada pendapat, bahwa inilah satu-satunya cara yang benar, juga tidak bijak. Apalagi jika kritik itu disampaikan dengan cara meremehkan atau menghina orang lain.

Menurut pandangan psikologi, kritik adalah salah satu bentuk pertahanan ego dari manusia. Kritik itu berbeda dengan umpan balik (feedback). Orang-orang yang kritis sering berpikir bahwa mereka hanya memberikan umpan balik yang bermanfaat kepada orang lain, padahal mungkin tidak demikian. Berikut ini beberapa cara untuk membedakan krtik dan umpan balik.

Kritik berfokus pada apa yang salah, sedangkan umpan balik (feedback) berfokus pada cara meningkatkan sesuatu kepada hal-hal yang positif. Kritik biasanya menyerang pribadi sedangkan umpan balik adalah membicarakan tentang perilaku. Kritik biasanya membuka kesalahan lama dan umpan balik berfokus untuk masa depan. Kritik bersifat memaksa, mencoba mengontrol dan menonjolkan ego, dan umpan balik tidak memaksa dan menghormati otonomi.

Jadi hati-hatilah dalam menyampaikan pendapat. Kita harus arif untuk membedakan, apakah itu sebuah kritik atau umpan balik (feedback).

Di bawah ini adalah definisi dari criticism dan feedback menurut Google.

critism
feedback.png

Published by

Hadi Nur

I enjoy living in Johor Bahru area and always seek the truth.