Kimia kebahagiaan oleh Imam Al Ghazali

Dalam filsafat Islam, tujuan tertinggi perjuangan manusia adalah kebahagiaan, iaitu transformasi manusia kepada pengabdian sepenuhnya kepada Tuhan. Ini akan menghasilkan kebahagiaan tertinggi. Ini yang diajarkan oleh Imam Al Ghazali [1-3].

Kebahagiaan yang tertinggi akan didapat jika manusia menuju pada sifat-sifat malaikat melalui peningkatan pengetahuan akan Tuhan. Untuk sampai pada ini, manusia mesti mengetahui dirinya (knowing yourself). Manusia terdiri dari dua komponen, iaitu badan dan hati (spiritual heart).

menuju kebahagiaan.png

Terdapat lima langkah untuk mengetahui dan memahami dengan baik hati (spiritual heart). Langkah pertama, mengetahui eksistensi dari hati. Langkah kedua, mengetahui sifat yang sejati dimana hati bekerja untuk mencapai kebahagiaan melalui kehadiran ilahi. Langkah ketiga, memahami bahwa manusia dapat dianalogikan seperti sebuah kerajaan, dimana

  • anggota badan dan organ tubuh adalah pekerja,
  • nafsu adalah pemungut pajak,
  • marah adalah polisi,
  • intelektual adalah perdana menteri, dan
  • hati adalah raja.

Jika hati (raja) berfungsi dengan nasehat dari intelektual (perdana menteri), nafsu (pemungut pajak) dan marah (polisi) dapat dikontrol. Dengan begini kebahagiaan dapat dicapai.

spiritual struggle.png

Tapi jika intelek (perdana menteri) dikurung oleh nafsu dan marah, maka nafsu (pemungut pajak) dan marah (polisi) tidak dapat dikontrol, dan akhirnya akan menguasai hati (raja).

intelek terkurung.png

Langkah keempat, mengetahui karakter dari fungsi-fungsi dalam kerajaan. Marah dan nafsu adalah bahan bakar untuk badan dan panca indera manusia yang akan menjadi lampu kepada intelektualitas dan hati, yang akhirnya akan mencapai kebahagiaan tertinggi melalui kehadiran ilahi.

karakter.png

Langkah kelima, memahami hubungan antara karakter-karakter dalam kerajaan dan mengontrol karakter yang tidak baik dengan karakter yang baik (angelic charater). Karakter predator mencari kebahagiaan melalui marah, karakter binatang (bestial) mencari kebahagian melalui makan, tidur dan sex. Karakter setan (demonic) mencari kebahagiaan melalui penipuan, dan karakter malaikat mencari kebahagiaan melalui kontemplasi dan kehadiran ilahi.

hubungan antara karakter.png

Kualitas dari pengetahuan yang dikumpulkan oleh hati dapat diperoleh dengan membuka dua pintu. Pintu yang pertama adalah sains dan seni, dan pintu kedua adalah pintu surga.

cara mendapatkan inpirasi.png

Untuk mencapai inpirasi yang sejati manusia perlu membuka penutup hati dan membuang kotoran hati dengan dengan cara kontemplasi atau merenung supaya pengetahuan mengalir. Hati dapat diibaratkan sebagai sumur dan pengetahuan sebagai air.

inspirasi ilahi.png

tutup panca indra.pngDengan jiwa yang bersih, Insya Allah, pengetahuan untuk mencapai kebahagiaan dapat dicapai, dan kita menjadi orang yang bijaksana.

rank.png

Ketahuilah, manusia tidak diciptakan secara main-main atau sembarangan. Ia diciptakan dengan sebaik-baiknya dan demi tujuan yang mulia. Meski bukan bagian dari yang kekal, ia hidup selamanya; meski jasadnya rapuh dan membumi, ruhnya mulia dan bersifat ilahi. Melalui tempaan zuhud, ia sucikan dirinya dari nafsu jasmani dan mencapai tingkatan tertinggi, tidak menjadi budak nafsu, dan meraih sifat-sifat malakut. Ia temukan surganya dalam perenungan tentang keindahan abadi dan tak lagi memedulikan kenikmatan badani.

Paragraf terakhir ini diambil dari kata pengantar buku karangan Imam Al Ghazali mengenai kimia kebahagiaan yang berjudul “Kîmiyâ’ al-Sa‘âdah” [2] yang bisa dibaca dari rujukan di bawah ini. Gambar-gambar dalam tulisan ini diambil dari screenshot rujukan nomor [3].

Rujukan
[1] https://en.wikipedia.org/wiki/Al-Ghazali
[2] Kimia-Ruhani-untuk-Kebahagiaan-Abadi
[3] https://hadinur.net/2018/01/01/ink-of-knowledge/

Published by

Hadi Nur

Currently, I and my family enjoy living in Johor Bahru area and are glad that we made the move.