Panggil saja saya ‘Cikgu Hadi’

Panggil saja saya Cikgu Hadi kata saya kepada mahasiswa saya. Walaubagaimanapun, tidak satupun mahasiswa saya yang berani memanggil saya dengan perkataan tersebut. Mereka tetap memanggil saya dengan gelar resmi di universitas, iaitu Doktor Hadi atau Prof. Hadi. Hal ini beralasan karena panggilan terkait dengan makna sosiologis dari gelaran tersebut, yang dalam ilmu sosiologi disebut sebagai status dan peran. Karena alasan status ini jugalah yang menyebabkan beberapa kawan saya marah kepada mahasiswa yang tidak memanggil diri mereka dengan panggilan yang mereka anggap tidak sesuai dengan prestasi mereka, yang (mungkin) sudah dengan susah payah memperoleh gelar doktor dan profesor tersebut.

Dalam ilmu sosiologi, status didefinisikan sebagai posisi dalam sistem sosial, seperti orang tua atau guru yang juga berkaitan erat dengan peran dan prestise seseorang yang mengacu pada perilaku yang diharapkan orang dalam status tersebut. Nah, dalam hal ini sangat beralasan jugalah saya menyuruh mahasiswa saya memanggil saya dengan gelaran ‘Cikgu’ karena inilah sebenarnya peran utama saya, iaitu mendidik dan mengajar para mahasiswa di universitas. Saya memperhatikan bahwa peran atau peranan sosial ini sudah mulai tidak diperhatikan oleh para dosen atau pensyarah yang sebenarnya adalah ‘Cikgu’ atau guru, karena mereka lebih mementingkan penelitian (research) dibandingkan dengan mengajar dan mendidik. Wallahualam bi shawab

Selamat merayakan hari Cikgu 2011!

Published by

Hadi Nur

My name is Hadi Nur, a professor at Universiti Teknologi Malaysia (UTM) and an adjunct professor at Universitas Negeri Malang (UM). I can be reached easily online. Here, the table of content of my blog posts and search what you are looking for here.

One thought on “Panggil saja saya ‘Cikgu Hadi’”