Apa itu narsis?

Narsisisme adalah kepribadian dimana orang tersebut jatuh cinta dengan dirinya. Orang yang terjangkit ‘narsisme’ ini akan mudah dikenali karena selalu berbicara dengan prestasi-prestasi yang telah diraihnya.

Ini beberapa gejala ‘narsisme’:
/1/ Selalu berusaha menarik perhatian orang lain, karena biasanya orang yang’narsis’ selalu merasa dirinya tidak berguna jika tidak diperhatikan orang lain.
/2/ Orang yang narsis selalu berbicara bahwa dirinya adalah yang terbaik.
/3/ Orang yang narsis selalu terobsesi dengan fantasi mengenai kesuksesan dan ketenaran.
/4/ Selalu mengharapkan orang lain mengatakan bahwa dirinya hebat.

Apakah orang yang’narsis’ benar-benar hebat?

Orang narsis sebenarnya hanyalah orang yang berusaha untuk membesar-besarkan dirinya karena dia mempunyai perasaan ‘inferior’ dalam dirinya. Sama dengan kesombongan, narsisme juga digunakan sebagai perisai untuk menutupi kekurangan itu. Terdapat perbedaan kecil antara narsisisme dengan orang yang mempunyai keyakinan kuat (over confidence). Sebagai contoh dengan keyakinan kuat: kurangnya keyakinan yang kuat dapat membuat anda tinggal di rumah daripada pergi berenang di laut.

Saya yakin bahwa tidak seorangpun ingin sifat narsis berjangkit pada dirinya. Narsis tidak akan bersarang pada diri kita jika kita yakin bahwa semua prestasi-prestasi yang telah kita raih telah dapat memuaskan diri kita, dan berpikir bahwa semua prestasi yang diraih adalah atas izin Allah SWT. Dengan memahami dimana kelebihan, kekuatan dan kekurangan kita, Insya Allah, narsisme dapat dihindari. Kuncinya adalah dengan mencari kesetimbangan antara kelebihan dan kekurangan (inferior) kita, dan bersandarkan semua yang kita raih adalah atas ridha Allah SWT.

Ini semua juga menjadi peringatan bagi saya pribadi.

Published by

Hadi Nur

I enjoy living in Johor Bahru area and always seek the truth.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s