Tanggapan terhadap penelitian: Facebook dapat menyebabkan penyakit

Fenomena jaringan sosial seperti Facebook, Friendster dan sejenisnya memang layak untuk dibicarakan, ditambah lagi dengan hasil penelitian yang mencoba mengaitkannya dengan berbagai macam penyakit — bahkan sampai menyebabkan kanker (katanya). Banyak sekali penelitian-penelitian sejenis ini dilakukan oleh para peneliti-peneliti yang tujuannya tidak hanya untuk perkembangan ilmu tetapi juga untuk mencari sensasi.

Untuk melihat secara umum, secara sederhana saya membagi penelitian dalam bidang sains kepada dua kategori berdasarkan kualitasnya:

Penelitian yang canggih
Penelitian yang canggih adalah penelitian yang didorong oleh isu-isu saintifik yang penting yang ditangani dengan semua metode-metode yang tersedia.

Penelitian yang biasa-biasa saja
Penelitian jenis ini biasanya dapat dikategorikan sebagai ‘negative research‘ dan `improvement research‘ yang tujuannya hanyalah membuktikan sesuatu itu adalah ’salah’ atau hanya mengembangkan atau memodifikasi sesuatu yang sebenarnya sudah banyak diketahui dan dikerjakan orang lain. Kategori lain dari penelitian yang biasa-biasa saja adalah ‘tool-driven research‘, yang sifatnya hanyalah menyelesaikan masalah dengan metode-metode yang sudah diketahui atau dikembangkan dengan baik.

Berdasarkan definisi di atas, saya membagi penelitian tersebut berdasarkan kepada manfaatnya. Ada empat jenis penelitian:

  • Penelitian yang biasa-biasa saja dan tidak ada manfaatnya kepada masyarakat
  • Penelitian yang canggih, tetapi tidak bermanfaat bagi masyarakat (hanya dari sains untuk sains)
  • Penelitian yang biasa-biasa saja, tetapi bermanfaat kepada masyarakat
  • Penelitian yang canggih dan bermanfaat kepada masyarakat luas

Dari keterangan di atas kita dapat merasakan dalam kelompok mana hasil analisis Arif Sigman yang mengatakan ‘Jaringan sosial dapat menyebabkan penyakit‘ tersebut dikategorikan.

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

Get in touch with me online. This blog has a table of content and mainly written for my own purposes and based on "Google here, Google there." There has never been any claim that this is an original work. You can use the customized search engine to search for anything on this website.