Kunjungan ke Dr. Fasli Jalal dan Universitas Indonesia

Sebagai Manager of International Affairs for Indonesia di UTM, saya telah ditugaskan oleh universitas untuk meningkatkan kerjasama dengan perguruan-perguruan tinggi di Indonesia. Langkah awal adalah dengan melakukan kunjungan kepada Dr. Fasli Jalal, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional Indonesia di Jakarta. Setelah dihubungi, Dr. Fasli Jalal telah menyatakan bersedia menerima delegasi dari UTM yang terdiri dari Prof. Dr. Siti Hamisah Tapsir (Timbalan Naib Canselor – Akademik dan Antarabangsa), Prof. Dr. Ahmad Kamal Idris (Pengarah Pemasaran), Hj. Wan Zawawi Wan Abdul Rahman (Pendaftar), Prof. Madya Ismail Abdul Aziz (Timbalan Pengarah Hal Ehwal Antarabangsa), Khairull Azmi (Penolong Pendaftar) dan saya sendiri pada 9 Februari 2009. Di bawah ini adalah catatan kecil dari kunjungan kami ke Jakarta.

Minggu, 8 Februari 2009
Dengan menggunakan MAS kami berangkat dari Johor Bahru ke KLIA, Kuala Lumpur. Kami sampai di lapangan terbang Sukarno-Hatta sore hari dan dijemput oleh uda Muchlis Muchtar (sepupu saya yang tinggal di Jakarta). Uda Ulih (demikian saya memanggil uda Muchlis) telah menyediakan Toyota Kijang beserta supir untuk disewa selama kunjungan kami ke Jakarta. Sesampai di Hotel Century Atlet, Senayan, rupanya terdapat sedikit masalah ketika keluar dari imigrasi, ransel Dr. Ismail tertinggal di pintu keluar imigrasi ketika di scan dengan x-ray. Untung, dengan bantuan uda Ulih, ransel yang berisi komputer tersebut dapat diambil kembali pada malam harinya. Kami di bawa oleh uda Ulih makan malam. Kawan-kawan dari UTM juga sangat menikmati makan malam di restoran minang Sari Indah.

Senin, 9 Februari 2009
Pagi hari, kami mengadakan rapat di hotel untuk membicarakan program yang telah saya susun, yang disebut sebagai ‘Indonesia Scholar-in Resident Program (ISRP) at Universiti Teknologi Teknologi Malaysia’. Jam 10 pagi, kami diterima oleh Dr. Fali Jalal, di Crown Plaza Hotel. Beliau menerima akami disana karena beliau ada rapat selama satu hari dengan World Bank. Kami telah disambut dengan ramah oleh Dr. Fasli Jalal. Beliau langsung menerangkan bahwa Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) sedang mempertimbangkan untuk mengakreditasi semua program studi di UTM. Akreditasi ini penting kerana lulusan UTM yang berasal daripada Indonesia layak dipertimbangkan untuk diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia. Beliau juga menceritakan perkembangan tentang pemberian beasiswa untuk program pasca sarjana ke luar negeri oleh DIKTI. Sudah ribuan beasiswa diberikan, untuk ke Malaysia sampai ke MIT di Amerika Serikat. Beliau juga sangat bersetuju dan mendukung ‘Indonesia Scholar-in Resident Program (ISRP) at Universiti Teknologi Teknologi Malaysia’ yang kami usulkan.

Dr. Fasli Jalal seterusnya diberi penjelasan mengenai peluang dosen-dosen Indonesia untuk datang ke UTM di bawah ‘Indonesia Scholar-in-Residence Program at Universiti Teknologi Malaysia’. Dr. Fasli Jalal setuju untuk menyertai program ini karena akan menguntungkan kedua belah pihak, UTM dan universitas-universitas di Indonesia. Program ini juga akan dipromosikan keseluruh universitas di Indonesia melalui Direktorat Pengajian Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, Indonesia.

Kunjungan ke Universitas Indonesia pada siang hari petang juga disertai oleh Prof. Ir. Dr. Azhar Dato’ Abdul Aziz (Dekan Fakulti Kejuruteraan Mekanikal, UTM) dan Prof. Dr. Megat Mohd. Ghazali Megat Abdul Rahman (Timbalan Dekan Penyelidikan dan Pengajian Siswazah – Fakulti Kejuruteraan dan Sains Geoinformasi, UTM). Delegasi UTM disambut oleh Dr. Ir Muhammad Anis, M.Met., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, di bangunan rektorat Universitas Indonesia (UI). Beliau didampingi oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Ir. Bambang Sugiharto dan beberapa staf daripada Office of International Affairs dan dosen-dosen dari beberapa fakultas di UI.

Dr. Muhammad Anis membuka perbincangan dengan memberikan penjelasan bahaw kerjasama di antara Universitas Indonesia (UI) dan UTM telah berlangsung lama. Beberapa orang pensyarah UI telah dikirim ke UTM untuk melanjutkan studi MSc dan PhD di awal tahun 1990-an. Saya juga bertemu dengan Dr. Azhar, kawan lama diruang pertemuan, yang dulu sama-sama mengambil PhD di UTM. Kerjasama dalam bidang penelitian dan pengajaran masih belum terlaksana sampai saat ini walaupun Memorandum of Understanding (MoU) diantara kedua universitas telah ditandatangani sejak lama. Pihak Universitas Indonesia dan UTM telah bersetuju untuk melihat kembali MoU yang telah ditandatangani dan akan menyambung semula MoU tersebut jika telah mati.

Pihak Universitas Indonesia juga telah diberi penjelasan mengenai ‘Indonesia Scholar-in-Residence Program at Universiti Teknologi Malaysia’ . Program ini telah mendapat sambutan yang positif dari pihak Universitas Indonesia. Dekan Fakultas Teknik UI, Prof. Dr. Ir. Bambang Sugiharto dan Dekan Fakulti Kejuruteraan Mekanikal UTM, Prof. Ir. Dr. Azhar Dato’ Abdul Aziz merupakan pihak yang telah dipersetujui oleh kedua belah pihak untuk memulai aktivitas-aktivitas kerjasama, baik dalam pengiriman staf dari UI maupun kerjasama-kerjasama dalam bidang penelitian diantara kedua Fakulti.

Setelah dari kunjungan ke UI, kami shoppping di Blok M. Sewaktu di Blok M, tiba-tiba Dr. Fasli Jalal mengirimkan SMS kepada saya mengatakan beliau sedang rapat dengan profesor-profesor ITB termasuk dengan Prof. Sujana Sapiie, bekas rektor ITB akhir tahun 1970-an. Namun karena sudah terlalu sore, kami tidak sempat memenuhi undangan Dr. Fasli Jalal. Malam hari, kami diundang uda Ulih makan sate madura di rumah beliau.

Selasa, 10 Februari 2009
Kami sampai dengan selamat di Johor Bahru setelah transit di KLIA.

Published by

Hadi Nur

I enjoy living in Johor Bahru area and always seek the truth.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s