THES ranking yang memihak kepada universitas yang kaya

Rektor dari sebuah universitas negeri di Padang pernah menulis bahwa ia ingin membawa universitas yang dipimpinnya menjadi World Class University. Saya menjadi berpikir, apakah yang dimaksudkan dengan World Class University oleh rektor tersebut, apakah ingin seperti Harvard University, Pricenton University ataukah hanya ingin seperti Calcutta University di India? Minggu lalu, saya menghadiri satu hari workshop mengenai strategi UTM untuk meningkatkan ranking di THES.

Setelah melihat ranking dari 100 universitas yang paling top di dunia dan membandingkan dengan endownment yang diterima oleh universitas-universitas top tersebut, barulah saya sadar bahwa untuk masuk dalam 100 universitas yang paling top adalah tidak mungkin. Harvard university, universitas paling top di dunia mempunyai endownment lebih dari  $30 billion pertahun. Rata-rata universitas top mempunyai endownment lebih dari $1 billion pertahun. Jadi, jelas sekali bahwa ranking ini memihak hanya kepada universitas-universitas yang kaya. Bagaimana pendapat anda? Apakah kita perlu membuat kriteria baru menilai kualitas dari universitas?

Published by

Hadi Nur

My name is Hadi Nur, a professor at Universiti Teknologi Malaysia (UTM) and an adjunct professor at Universitas Negeri Malang (UM). I can be reached easily online. Here, the table of content of my blog posts and search what you are looking for here.

One thought on “THES ranking yang memihak kepada universitas yang kaya”