Definisi pakar

Apa itu pakar atau expert ?

Hal ini kadang-kadang memeningkan kepala, karena banyaknya orang yang diakui dan dianggap sebagai pakar, dan banyaknya orang yang mengaku dirinya adalah pakar.  

Ini adalah penjelasan saya mengenai pakar. Bagi saya pakar adalah “seseorang yang telah menguasai bidangnya dengan sangat baik sehingga dia dapat memberikan respon yang sangat cepat (kadang kala respon ini muncul tanpa berpikir panjang — dan mungkin sekali muncul dari ketidaksadaran) jika seseorang tersebut mendapatkan ‘rangsangan’ yang berkaitan dengan bidang yang dikuasainya“.    

Sebagai contoh, seorang dosen (pensyarah) yang sudah puluhan tahun mengajar ‘termodinamika kimia’ akan cepat sekali menjawab pertanyaan mahasiswanya (dengan jawaban yang benar) mengenai bidang yang diajarnya tanpa kelihatan berpikir keras. Dosen ini dapat digelari pakar dalam bidang ‘termodinamika kimia’ yang diajarnya. 

Inilah yang membuat saya tidak merasa menjadi ‘pakar’, karena seringkali jika mahasiswa bertanya sewaktu kuliah,  saya menjawab … saya tidak tahu, besok akan saya coba menjelaskannya kepada anda … 

Published by

Hadi Nur

My name is Hadi Nur, a professor at Universiti Teknologi Malaysia (UTM) and an adjunct professor at Universitas Negeri Malang (UM). I can be reached easily online. Here, the table of content of my blog posts and search what you are looking for here.

2 thoughts on “Definisi pakar”