Saintis ‘gadungan’

‘Gadungan’ = imitation

Tulisan yang ditulis oleh Prof. Gerard ′t Hooft (penerima hadiah Nobel fisika tahun 1999), yang berjudul “How to become a bad theoretical physicist” patut dibaca oleh para saintis dan juga oleh orang-orang tidak mengerti sains yang kadangkala banyak ‘tertipu’ oleh ‘kehebatan’ saintis-saintis ‘gadungan’.

Para saintis ‘gadungan’ ini biasanya selalu mengikuti aktivitas-aktivitas promosi hasil penelitian yang tidak bersifat ilmiah. Mereka jarang sekali mempresentasikan hasil penelitian mereka dalam seminar-seminar ilmiah (yang dihadiri oleh saintis-saintis lain yang sebidang dengan mereka) dan mempublikasikan hasil penelitian mereka di jurnal-jurnal yang berkualitas.  Jika ikut seminar, itupun dalam bentuk poster.  Jika ada publikasi, itupun dalam jurnal-jurnal yang tidak dikenal atau diakui oleh komunitas saintifik (scientific community).  Para saintis ‘gadungan’ ini biasanya selalu menghindar daripada  komunitas saintifik, dan akibatnya mereka tidak dikenal oleh komunitas tersebut.  Namun adakalanya dengan kekuatan ‘politik’ dan media massa,  dan seringnya mereka mengikuti aktivitas-aktivitas promosi hasil penelitian yang tidak bersifat ilmiah tersebut,  saintis ‘gadungan’ ini dapat juga dikenal dengan baik oleh ‘masyarakat’, iaitu masyarakat ‘awam’ yang tidak mengerti apa itu sains.

Published by

Hadi Nur

My name is Hadi Nur, a professor at Universiti Teknologi Malaysia (UTM) and an adjunct professor at Universitas Negeri Malang (UM). I can be reached easily online. Here, the table of content of my blog posts and search what you are looking for here.