Kegagalan Abraham Lincoln dalam politik

A Leader Always Fails Upwards!  —  Abraham Lincoln really was born in a log cabin. The fact that he went on to become President — and to lead the country through the most difficult period of its history — is truly remarkable.

Abraham Lincoln — (yang awalnya banyak gagal dalam politik akhirnya berhasil menjadi presiden Amerika) — banyak menjadi inspirasi, contoh dan juga pendorong bagi orang-orang yang menganggap dirinya gagal mencapai sesuatu yang diinginkannya — seperti jabatan, pangkat dan kekayaan.   Kegagalan dan keberhasilan dalam politik memang susah untuk diduga karena banyaknya parameter-parameter yang tidak dapat diperkirakan, seperti opini publik, propaganda, politik uang dan lain sebagainya. 

Kita mungkin menduga hal ini tidak akan berlaku dalam lingkungan akademik, lingkungan ilmiah yang biasanya mempunyai standar yang jelas dalam penilaian prestasi (akademik). Namun sayangnya, standar yang tadinya ‘sangat jelas’ menjadi tidak jelas karena lingkungan akademik telah ‘dipolitikkan’ sehingga terjadilah degradasi keilmuan. Banyak energi yang terbuang karena masalah ‘politik’ dibandingkan dengan memikirkan bagaimana mencapai ‘prestasi ilmiah’ yang membanggakan.  Sangat disayangkan …..

Published by

Hadi Nur

My name is Hadi Nur, a professor at Universiti Teknologi Malaysia (UTM) and an adjunct professor at Universitas Negeri Malang (UM). I can be reached easily online. Here, the table of content of my blog posts and search what you are looking for here.