Prestasi ilmiah yang sebenarnya

Ini yang pernah dikatakan oleh Einstein:

“…If the relativity theory will be proven true, the Germans will say I am a German, the Swiss I am a Swiss and the French that I am a great man. If not, the Germans will call me Swiss, the Swiss will call me German, and the French will say I am a Jew….” Albert Einstein,  long before the nazis, long before Hitler rise to power.

Einstein boleh berkata begitu karena dia punya prestasi. Prestasi yang dapat meningkatkan martabat — tidak hanya martabat diri, tetapi juga martabat negara dimana dia tinggal.  Prestasi yang diraih oleh Einstein bukanlah prestasi yang ‘semu’ karena prestasi beliau dalam bidang ilmu pengetahuan tidak hanya berguna bagi ilmu pengetahuan itu sendiri, tetapi juga kepada kehidupan orang banyak yang telah diterjemahkan kepada teknologi yang berguna.  Jelas, hasil kerja beliau telah banyak menjadi bahan rujukan dan inspirasi kepada orang lain. Perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang fisika dan kimia yang dicapai pada saat ini pasti merujuk kepada hasil pekerjaan beliau.  Inilah prestasi ilmiah yang sebenarnya.

Walaupun banyak saintis dan peneliti yang telah mempublikasikan hasil penelitian di jurnal-jurnal ternama, tidaklah akan menjadi prestasi ilmiah jika hasil penelitian tersebut tidak pernah dirujuk dan dikembangkan oleh orang lain.  Apalah artinya jika hasil penelitian tersebut hanya digunakan untuk pamer(an), sedangkan hasil penelitian tersebut bermutu rendah (menurut pandangan rekan sejawat (peer review), yang juga pakar dalam bidang berkenaan), sehingga tidak seorangpun yang meliriknya.  Ini adalah contoh prestasi ilmiah yang ‘semu’ dan tidak mencerminkan prestasi ilmiah yang sebenarnya.

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

Get in touch with me online. This blog has a table of content and mainly written for my own purposes and based on "Google here, Google there." There has never been any claim that this is an original work. You can use the customized search engine to search for anything on this website.