Menghina

Saya sering mengamati orang-orang yang menghabiskan waktunya menyindir, mengkritik, menghina dan mencari-cari kesalahahan. Saya bingung, apa motif mereka berbuat begini sedangkan mereka tidak pernah berjasa dan menyumbang untuk kemajuan bangsa. Apakah untuk pamer kepintaran dan sakit hati? Saya tidak tahu.

Konflik dan cinta

Jika direnungkan, semua konflik yang terjadi antara manusia disebabkan oleh masalah hati seperti dengki, cemburu, serakah, sombong, dan lain-lain. Semua persoalan ini dapat diselesaikan jika manusia tersebut memiliki rasa cinta satu sama lain.

Menolong bangsa

Tulisan ini personal sifatnya, dan boleh dibaca oleh umum sebagai bacaaan ringan yang tidak perlu.

Saya dimasukkan dalam salah satu WhatsApp group yang terdiri dari golongan orang-orang terpelajar. Ceritanya mereka ingin memberikan kontribusi pada tanah air dan bangsa. Menolong bangsa. Komentar-komentar dalam grup ini didominasi oleh orang-orang tertentu saja. Walaubagaimanapun, saya hanya banyak menyimak dan jarang memberikan komentar karena fungsi forum ini bukanlah seperti yang saya harapkan. Ianya lebih banyak bercerita mengenai saya, saya, saya dan saya. Singkat cerita forum ini adalah forum pamer atas prestasi semu. Kadangkala saya tersenyum sendiri karena saya kenal latar belakang orang-orang tersebut.

Pendapat seorang profesor emeritus

Ini adalah status yang ditulis di Facebook oleh Prof. Bohari Yamin, profesor emeritus Universiti Kebangsaan Malaysia. Inilah fenomena yang ditemukan sekarang ini di dunia akademik. Sepertinya penilaian berdasarkan metric terhadap hasil riset, apalagi hanya menulis review articles tidak menggambarkan impak sebenarnya dari riset. Metric yang tinggi dapat dihasilkan dari hanya menulis review articles.

Emoji

Untung Facebook hanya ada emoji thumb up 👍, kalau ada emoji thumb down 👎, mungkin orang berpikir panjang untuk posting hal-hal yang tidak baik dan menyakitkan atau menyinggung perasaan orang lain. Ini strategi bisnis yang luar biasa dari Mark Zuckerberg. Dia paham sekali sifat manusia yang suka sekali dipuji, dan ini yang membuat dia kaya raya. Thumb up 👍  untuk Facebook dan sosial media yang sejenis dengannya 😀.