Tipe manusia

Kita memerlukan manusia yang paripurna, manusia yang memiliki cinta, cita-cita dan juga daya cipta. Tanpa cinta, manusia itu fanatik (bigot), dan tidak dapat hidup dengan harmoni dengan manusia yang lain, dan sukar menerima perbedaan.

Do’a kepada Allah

“Ya Allah, berikanlah aku kekuatan untuk mengubah apa yang dapat aku ubah. Ya Allah, berikanlah aku kesabaran untuk segala sesuatu yang tidak dapat aku ubah. Dan, berikanlah aku kebijaksanaan untuk dapat membedakannya.”

— Do’a untuk usaha dan kesabaran

Hindari orang yang iri

“Jangan pernah memposting prestasi Anda di media sosial. Posting hal-hal yang lucu-lucu saja sehingga mereka akan mengira Anda tidak punya prestasi. Orang membenci dan cemburu pada prestasi anda! Hindarilah! Iri adalah sifat manusia.”

— Dari manusia yang pernah jadi korban dari hasad dan dengki. Semoga Allah SWT melindungi kita dari manusia yang hasad dan dengki (QS 113:5).

Ingat kematian

Gus Baha mengatakan bahwa selalu mengingat mati tidak selalu baik, terutama untuk orang-orang yang sedang menuntut ilmu. Namun hal ini tidak dapat dihindari ketika membaca dan mengetahui ada orang yang dikenal meninggal dunia, apalagi orang tersebut memberikan kesan dan inspirasi yang baik kepada orang lain.

Walaupun sudah diketahui, namun pesan Rasullulah ini perlu selalu diingat.

Dari Abu Huhairah RA, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Apabila seseorang anak Adam itu meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara: sedekah jariah, ilmu yang dimanfaatkan dengannya dan anak soleh yang mendoakan untuknya”.

Ini yang perlu kita kejar sebenarnya karena kehidupan yang abadi ini bukanlah kehidupan di dunia ini.

Negara dan pembangunan

Buku karangan Dr. Arief Budiman yang saya beli di Bandung 28 tahun yang lalu masih asyik dibaca. Apakah masih relevan dengan situasi sekarang? Apa yang dinamakan sebagai Negara Otoriter Birokratis Rente. Maksud rente disini adalah para elit negara meminta imbalan, meminta rente atau ongkos sewa.