Kasus Ferdy Sambo

Kasus Ferdy Sambo baru-baru ini menarik perhatian publik di Indonesia karena persidangannya disiarkan secara terbuka. Nampaknya penyidik dan hakim berusaha mencari kebenaran dari keterangan saksi dan terdakwa dengan susah payah karena terindikasi bahwa saksi dan terdakwa berbohong. Penyidik dan hakim berusaha melihat peristiwa sebagaimana adanya sesuai dengan perbuatan mereka. Saksi dan terdakwa bisa berbohong, dan mungkin saja kita tidak dapat melihat apa yang sebenarnya terjadi.

Apa pelajaran dari semua ini? Jelas bahwa dunia adalah tempat ujian dan rapor yang akan diterima kelak di akhirat. Jika melihat persidangan sebenarnya di akhirat, malaikat Raqib dan Atit sebagai tim penilai bekerja dengan profesional dan tidak bisa dipengaruhi oleh apapun. Bahkan jika Anda memiliki prestasi dan prestise tinggi di dunia, jika perbuatan Anda buruk, rapor Anda juga akan buruk. Integritas tim penilai dijamin. Malaikat Raqib dan Atit akan menyerahkan rapor kepada Allah. Kemudian Allah akan memberi manusia penghakiman langsung.

Dari penjelasan ini, kita dapat melihat dengan jelas realitas dunia yang tidak ideal dan idealisme di akhirat. Itu pentingnya kita berusaha melihat segala sesuatu dan menghubungkannya dengan idealisme, walaupun hal yang ideal itu sukar atau tidak pernah dicapai dan direalisasikan. Itulah dunia.

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

This blog is mainly written for my own purposes. There has never been any claim that this is an original work.