Kenapa harus bersaing?

Mengapa Anda selalu bersaing dan saling menjatuhkan? Jangan lupa bahwa persaingan bukan satu-satunya kekuatan dominan di alam. Kerjasama juga merupakan kekuatan yang luar biasa! Manusia tidak hanya bertahan hidup dengan bersaing tetapi juga dengan bekerja sama satu sama lain.

Banyak yang mengira kompetisi itu menyenangkan dan cenderung lebih asyik jika benar-benar menang. Dalam kompetisi, ada pemenang dan pecundang. Menyenangkan bagi yang menang dan menyakitkan bagi yang kalah.

Di zaman modern ini, kita melihat bahwa persaingan ada di mana-mana. Secara ekonomi, persaingan merupakan kekuatan penting dalam menjaga pasar tetap produktif dan efisien. Tanpa persaingan, monopoli jahat akan terbentuk. Dunia percintaan juga tidak lepas dari persaingan. Sifat persaingan merupakan sifat biologis bagi kelangsungan hidup manusia di dunia ini.

Dalam psikologi, persaingan didasarkan pada insentif ekstrinsik. Ekstrinsik secara sederhana berarti bahwa motivasi untuk mengadopsi suatu perilaku atau keputusan berasal dari eksternal daripada internal. Misalnya, kita melakukan sesuatu karena kita mendapatkan imbalan untuk itu. Karakteristik mendasar dan kelemahan dari hampir semua insentif ekstrinsik adalah bahwa ini hanya cenderung bekerja selama insentif dipertahankan. Banyak penelitian psikologis juga menunjukkan bahwa insentif eksternal dapat melemahkan motivasi intrinsik orang untuk berbuat baik.

Persaingan bukan satu-satunya kekuatan dominan di alam, tetapi hanya disaingi oleh yang lebih baik, yaitu kerja sama. Memang, manusia tidak dapat bertahan hidup tanpa bersaing tetapi mungkin yang lebih penting, kita juga dapat bertahan hidup dengan bekerja sama satu sama lain.

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

This blog is mainly written for my own purposes. There has never been any claim that this is an original work.