Berpikir kritiskah kita?

Dengan teknologi informasi, manusia mudah sekali terhubung. Oleh karena itu, berpikir kritis sangat diperlukan untuk selalu menjaga supaya keputusan dan tindakan yang diambil berdasarkan pertimbangan yang bijaksana. Di bawah ini adalah tulisan yang menarik yang ambil dari postingan seorang teman di Facebook yang tulisan aslinya dalam bahasa Inggris.

Semua orang berpikir namun banyak pemikir kritis sebenarnya melakukan pemikiran kritis yang semu. Berpikir kritis dapat membantu kita membuat keputusan yang lebih baik dan memecahkan masalah, dan dapat mencegah kita tertipu atau dirugikan. Di bawah ini ada beberapa prinsip berpikir kritis.

  • Menyadari bahwa pemikiran cacat dan rentan terhadap kesalahan. Menyadari bahwa persepsi mungkin tidak akurat dan ingatan tidak sempurna. Memahami bahwa otak mengambil jalan pintas untuk membuat keputusan yang cepat dan mudah, yang berpotensi pada pemikiran yang bias.
  • Memikirkan bagaimana berpikir. Bertanya pada diri sendiri bagaimana mencari kebenaran dan menyadari bias dari apa yang ketahui. Menghindari penalaran yang melibatkan emosi dan intuisi. Mengaktifkan pemikiran tingkat tinggi yang prosesnya lebih lambat.
  • Keingintahuan dan belajar yang tinggi membuat bertanya. Terbuka terhadap jawaban, meskipun hal tersebut tidak ingin dengar.
  • Memisahkan identitas dari keyakinan. Menyadari bahwa sulit untuk menolak keyakinan yang dimiliki. Berusaha percaya pada hal-hal yang benar, dan tidak percaya pada hal-hal yang tidak benar, bahkan juga terhadap hal yang membuat tidak nyaman.
  • Menerima kritik dari orang lain. Menyadari bahwa argumen adalah proses kolaboratif untuk mencari kebenaran, dan mampu mengevaluasi dari sudut pandang lain secara adil.
  • Menggunakan bukti untuk sampai pada kesimpulan. Tahu bahwa klaim luar biasa memerlukan bukti yang juga luar biasa, dan klaim tanpa bukti perlu ditolak.
  • Menghindari pemikiran hitam-putih dan menyadari bahwa dunia ini kompleks. Menjadikan masalah menjadi dua ekstrem akan mempersulit memahami masalah dan menemukan solusi.
  • Rendah hati. Jujur ​​pada diri sendiri tentang apa yang diketahui dan tidak ketahui, dan menghindari terlalu percaya diri. Menyadari bahwa mungkin salah. Menghargai pendapat orang lain.

Berpikir kritis adalah sebuah perjalanan. Tetapi dunia ini penuh dengan informasi yang salah dan bias.

Rujukan: https://en.wikipedia.org/wiki/Critical_thinking

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

This blog is mainly written for my own purposes. There has never been any claim that this is an original work.