Persepsi yang berbeda

Tulisan ini adalah respon saya terhadap polemik logo halal yang menjadi topik yang hangat di Indonesia.

Pada setiap ada kesempatan, saya berusaha bersikap netral dan memahami sesuatu dalam konteks yang lebih luas dan berpikir secara ontologis, atau melihat esensinya. Hal ini penting agar saya berhasil mamahami dunia sosial yang kompleks, dan menyelesaikan masalah karena perspektif atau sudut pandang yang berbeda. Setiap orang memiliki dua mata tetapi tidak ada yang memiliki pandangan yang sama, dan ini semua tentang persepsi yang berbeda. Jadi bagaimana kita melihat sesuatu adalah sangat penting.

Kita perlu menyadari latar belakang kita, dari mana kita berasal. Ini juga berlaku untuk orang lain. Jadi apa yang kita anggap benar adalah cara pandang kita yang dibentuk oleh pengalaman kita, lingkungan kita, dan orang-orang di dalam lingkungan tersebut. Kita semua lahir dan dibesarkan di lingkungan yang berbeda, dan budaya pemikiran yang berbeda. Jadi, seringkali kita memiliki pandangan yang berbeda tentang sesuatu. Dapat dikatakan bahwa “Hanya karena kamu benar bukan berarti aku salah, kamu tidak melihat kehidupan dari sisiku.”

Persepsi adalah proses mencapai kesadaran atau pemahaman informasi sensorik. Itu juga dapat digambarkan sebagai perasaan seseorang terhadap sesuatu. Penjelasan eksplisit tentang persepsi membutuhkan komitmen terhadap salah satu dari berbagai pandangan ontologis. Persepsi dianalisis sebagai proses kognitif di mana pemrosesan informasi digunakan untuk mentransfer informasi ke dalam pikiran dalam kaitannya dengan informasi lain. Ini adalah penjelasan ilmiah sederhana dari persepsi.

Terkadang persepsi negatif juga bisa muncul karena faktor mental yang buruk, termasuk kebencian. Kebencian bisa muncul karena kesalahpahaman dan ketidaksadaran terhadap suatu objek. Persepsi negatif ini hadir jika seseorang tidak menerapkan cara pandang yang bijak, dan akhirnya kebencian menutup mata batinnya.

Wallahu A’lam Bishawab

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

This blog is mainly written for my own purposes. There has never been any claim that this is an original work.