Ambisi yang berlebih-lebihan

Saya telah membimbing puluhan mahasiswa sarjana, magister dan juga doktor. Dari pengalaman ini, saya melihat beragam karakter mahasiswa yang unik. Ada yang ambisius dan ada yang santai.

Ambisi itu baik jika diarahkan pada hal yang benar dan juga dilakukan dengan tindakan yang logis dan terukur. Seringkali orang yang ambisius melupakan kemampuannya sendiri karena terlalu percaya diri. Mereka dibutakan oleh hal-hal indah yang tidak dapat diwujudkan. Mereka gagal memahami kemampuan mereka sendiri, baik secara intelektual maupun emosional. Ada banyak contoh di sekitar kita di mana ramai orang ambisius dan pintar tetapi gagal.

Saya pernah bertemu dengan mahasiswa yang mempunyai ambisi yang berlebih-lebihan dan juga keras kepala, dan tidak mau menerima pendapat. Saya sudah memberikan argumentasi yang logis kepada mahasiswa ini, bahwa pekerjaannya tidak mungkin dilakukan. Tinggal waktu yang membuktikan, mudah-mudahan mahasiswa ini dapat belajar dari pengalamannya. Hindari ambisi berlebihan yang hanya akan menghalangi keberhasilan. Ambisi yang berlebihan juga akan merabunkan mata batin.

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

This blog is mainly written for my own purposes. There has never been any claim that this is an original work.