Prof. Richard Robert Ernst

Prof. Richard Robert Ernst telah pergi, namun karyanya abadi. Saya sempat berfoto dengan Prof. Richard Robert Ernst, penerima hadiah Nobel Kimia tahun 1991. Beliau berfoto dengan saya dengan latar belakang spektrometer Nuclear Magnetic Resonance (NMR) yang saya operasikan pada tahun 2004. Penghargaan Nobel Kimia 1991 dianugerahkan kepada beliau atas kontribusi pada pengembangan metodologi spektroskopi Nuclear Magnetic Resonance (NMR).

Foto di sebelah kanan di bawah ini adalah foto beliau yang saya ambil dari website pribadi beliau. Nampak tua. Terlihat juga dari kedua foto tersebut bahwa kehidupan itu tidak abadi. Namun, manusia akan meninggalkan hasil karyanya untuk dimanfaatkan oleh generasi selanjutnya. Kebaikan itulah yang akan diingat orang. Itulah makna dari kedua foto di bawah ini.

Walaupun saya tidak kenal secara pribadi dengan beliau, namun saya membaca tulisan beliau mengenai pendidikan tinggi yang sekarang sudah kehilangan prespektif mengenai tanggungjawabnya. Ini catatan saya sembilan tahun yang lalu mengenai ini.

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

This blog is mainly written for my own purposes. There has never been any claim that this is an original work.