Noam Chomsky – Tentang menjadi orang yang benar-benar terdidik

Ini adalah terjemahan dari video Noah Chomsky di YouTube mengenai penjelasan beliau menjadi orang yang benar-benar terdidik (on being truly educated). Kunci untuk menjadi terdidik adalah kemampuan untuk bertanya.

Nama saya Noam Chomsky, saya seorang profesor di Massachusetts Institute of Technology tempat saya bekerja selama 65 tahun. Saya kira saya tidak bisa berbuat lebih baik untuk menjawab pertanyaan tentang apa artinya menjadi benar-benar terdidik daripada kembali ke beberapa pandangan klasik tentang masalah ini. Misalnya, perhatikan pandangan yang diungkapkan oleh pendiri sistem pendidikan tinggi modern, Wilhelm von Humboldt, seorang tokoh humanis yang tercerahkan, yang banyak menulis tentang pendidikan dan pembangunan manusia dan berpendapat, menurut saya, dengan sangat masuk akal, bahwa prinsip dan kondisi utama yang yang harus dipenuhi adalah: terpenuhinya kemampuan manusia untuk bertanya dan berkreasi secara mandiri tanpa kontrol dari luar.

Untuk beralih ke rekan modern, seorang fisikawan terkenal yang berbicara di sini [di MIT], biasa memberi tahu kelasnya bahwa tidak penting apa pun yang kita bicarakan di kelas, tetapi yang lebih penting yaitu apa yang Anda temukan.

Untuk benar-benar dididik dari sudut pandang ini berarti berada dalam posisi untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan sumber daya yang tersedia bagi Anda yang telah Anda pahami. Untuk mengetahui di mana mencarinya, untuk mengetahui bagaimana merumuskan pertanyaan-pertanyaan serius, untuk mempertanyakan doktrin standar bila perlu, untuk menemukan jalan Anda sendiri, untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang layak untuk dikejar, dan untuk mengembangkan sebuah jalan untuk mengejarnya. Ini berarti mengetahui, memahami banyak hal tetapi juga, jauh lebih penting daripada apa yang Anda ingat, mengetahui di mana mencarinya, bagaimana mencari, bagaimana bertanya, bagaimana menantang, bagaimana melangkah dengan bebas, menghadapi tantangan. yang diberikan dunia kepada Anda dan yang Anda kembangkan dalam proses pendidikan, penelitian, dan penyelidikan Anda sendiri, dengan kerja sama dan solidaritas dengan orang lain. Itulah yang perlu dikembangkan oleh sistem pendidikan dari prasekolah hingga sekolah siswa, dan terkadang, dan ini mengarah pada orang-orang yang, setidaknya menurut standar saya, berpendidikan tinggi.

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

This blog is mainly written for my own purposes. There has never been any claim that this is an original work.