Pandangan helikopter

Dalam kehidupan sehari-hari saya sebagai dosen, saya selalu bertemu dengan orang-orang yang yang sempit pandangannya. Pandangan tersebut disempitkan oleh batasan ruang, waktu, ideologi, agama, dan lain sebagainya. Biasanya hal ini disebabkan oleh pengetahuan yang terbatas.

Kita juga perlu melihat sesuatu dengan pandangan yang luas, yaitu apa yang disebut sebagai pandangan helikopter. Pemandangan helikopter hanya dapat dicapai jika seseorang itu mempunyai pemahaman yang dalam dan pengalaman yang luas. Dalam pendidikan profesional, seorang murid atau mahasiswa perlu belajar melihat melalui pandangan helikopter dari topik-topik yang mereka pelajari dengan tingkat spesialisasi yang tinggi. Dengan kata lain, seseorang akan menjadi generalis jika dia sudah menjadi spesialis.

Sumber: https://www.officeguycartoons.com

Pemandangan helikopter sangat membantu kita melihat gambaran yang lebih besar. Ketika kita berada di tengah-tengah proyek atau tugas, kita begitu dekat dan terlibat secara emosional sehingga menjadi sangat sulit untuk menjauhkan diri dari apa yang terjadi dan mendapatkan perspektif yang lebih luas. Walaubagaimanapun, kadang-kadang pemandangan helikopter dianggap sebagai terlalu luas untuk orang yang sangat konkret. Seorang pemimpin perlu memiliki pandangan helikopter ini.

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

This blog is mainly written for my own purposes. There has never been any claim that this is an original work.