Kecerdasan dan kebijaksanaan

Makna dari kecerdasan dan kebijaksanaan sudah sering dijelaskan dan didefinisikan oleh orang. Mungkin sifat terbaik dari kecerdasan adalah kecepatan berpikir. Seberapa cepat Anda dapat mengambil sebuah konsep atau ide, itulah kecerdasan.

Jika Anda banyak berbuat kesalahan, bukan berarti Anda tidak cerdas karena kesalahan bukanlah faktor kecerdasan. Kesalahan yang dilakukan adalah elemen dari pengalaman. Memahami ini akan membuat kita sabar. Jadi dengan melakukan kesalahan bukan berarti kecerdasan kita berkurang. Dengan belajar dari kesalahan kita akan menjadi orang yang lebih bijaksana. Perlu dibedakan antara kecerdasan dan kebijaksanaan.

Memahami dan menguasai diri sendiri, dan menerima keterbatasan yang dimiliki adalah kunci untuk menjadi manusia yang bijaksana. Sejujurnya, kecerdasan seringkali dilebih-lebihkan. Hal ini memberikan rasa percaya diri yang salah, membuatnya orang lebih mudah untuk tidak sabar. Sebaliknya, kebijaksanaan adalah mengaplikasikan pengetahuan untuk tujuan yang tepat. Kecerdasan itu adalah kecepatan berpikir dan bersifat genetik, dan kebijaksanaan itu dapat dipelajari.

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

This blog is mainly written for my own purposes. There has never been any claim that this is an original work.