Manipulasi h-index

Sebagai seorang peneliti dan editor dari beberapa jurnal, saya juga sering diminta menilai manuskrip-manuskrip yang dikirimkan untuk dipublikasikan di jurnal. Saya juga tahu banyak cara untuk meningkatkan reputasi jurnal. Saya tidak suka jika jurnal tersebut menggunakan cara yang manipulatif untuk meningkatkan reputasinya. Reputasi tersebut biasanya dilihat dari apakah jurnal tersebut dirujuk, atau yang biasa disebut sebagai citation. Hal ini dapat dilihat dari h-index dari jurnal tersebut.

Ada sejumlah situasi di mana h-index dapat memberikan informasi yang menyesatkan karena dimanipulasi. h-Index dapat dimanipulasi dengan kutipan koersif, sebuah praktik di mana editor jurnal memaksa penulis untuk menambahkan kutipan palsu ke artikel mereka sendiri sebelum jurnal setuju untuk menerbitkannya. Disamping itu, h-index juga dapat dimanipulasi melalui kutipan sendiri.

Jika saya mengetahui jurnal tersebut melakukan kutipan koersif, saya akan menolak atau tidak mengabaikan permintaan menilai manuskrip dari jurnal tersebut. Pagi ini saya memblokir e-mail dari sebuah jurnal dari universitas ternama di Indonesia, yang merupakan jurnal Q2 menurut versi Scimago. Permohonan maaf saya kepada editor jurnal tersebut.

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

This blog is mainly written for my own purposes and is based on "Google here, Google there." There has never been any claim that this is an original work.