Berapa banyak kawan?

Penelitian yang dilakukan oleh antropolog Robin Ian MacDonald Dunbar pada tahun 1990-an menjelaskan bahwa manusia memiliki keterbatasan dalam mempertahankan hubungan sosial bermakna, yang sifatnya timbal balik. Ternyata, manusia hanya mampu mempertahankan sekitar 150 hubungan yang bermakna—termasuk dengan keluarga, teman dekat, dan rekan kerja. Hasil penelitian ini sepertinya bermanfaat untuk kita mengambil keputusan yang melibatkan pertemanan.

Di bawah ini adalah gambaran mengenai jumlah hubungan yang dapat dipertahankan secara aktif oleh manusia pada satu waktu.

Setelah banyak eksperimen ilmiah, Dunbar menghitung dan menilai dari ukuran rata-rata otak manusia, ia menemukan angka 150. Jumlah ini adalah jumlah orang yang tidak akan membuat Anda malu bergabung tanpa diundang untuk minum jika Anda kebetulan bertemu mereka di restoran.

Meskipun peneliti ilmiah lain telah memperkirakan jumlahnya lebih dari 200-an, Dunbar menunjukkan bahwa 1500 adalah batas mutlak bagi rata-rata orang untuk sekadar memberi nama pada wajah. Bilangan Dunbar adalah batas kognitif jumlah orang yang dapat mempertahankan hubungan sosial yang stabil.

Nomor Dunbar menyatakan jumlah orang yang dikenal dan melakukan kontak sosial. Angka ini mungkin jauh lebih tinggi dan kemungkinan tergantung pada ukuran memori jangka panjang seseorang.

Rujukan
https://en.wikipedia.org/wiki/Robin_Dunbar
https://en.wikipedia.org/wiki/Dunbar%27s_number

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

This blog is mainly written for my own purposes and is based on "Google here, Google there." There has never been any claim that this is an original work.