Mentalitas serakah

Saya mendapat video yang dikirim oleh seorang teman di grup WhatsApp. Banyak interpretasi setelah melihat video ini. Saya melihatnya sebagai mentalitas serakah (greedy mentality) dari orang terkaya di dunia yang sekarang berusaha menguasai dunia dengan teknologi informasinya. Dia memanfaatkan kecanduan orang terhadap media sosial (social media addiction). Zaman sekarang candu bukan saja narkotika tetapi juga sosial media. Sungguh pintar dalam memanfaatkan sifat-sifat manusia. Ini dijadikan sebagai sarana untuk mengejar setiap peluang finansial.

Nampak jelas, pengejaran untuk mendapatkan keuntungan finansial ini didasari oleh sifat serakah. Kita akan menemukan bahwa usaha untuk mendapatkan keuntungan finansial yang besar tidak akan pernah berakhir. Hal inilah yang mendorong pemerintah Amerika Serikat mencoba membatasi usaha yang serakah, manipulatif, tidak bertanggung jawab dan tidak sensitif terhadap kebutuhan orang lain. Dalam video di atas terlihat bahwa Mr. Zuckerberg tidak mau mendedahkan privasi dirinya — sedangkan dia menggunakan data privasi orang lain untuk kepentingan bisnisnya. Banyak kritik mengenai cara kerja dan juga akibat dari bisnis sosial media ini. Penguasaan informasi oleh hanya segelintir orang sangat berbahaya untuk masa depan manusia di planet ini!

Orang serakah itu tidak pernah merasa cukup dengan apa yang mereka punyai. Mereka kecanduan mengejar kekayaan yang tidak pernah terpuaskan. Ini adalah hasil dari sistem yang kita bangun selama ini.

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

Get in touch with me online. This blog has a table of content and mainly written for my own purposes and based on "Google here, Google there." There has never been any claim that this is an original work. You can use the customized search engine to search for anything on this website.