Sederhana dan hikmah

Gambar yang lucu tapi mengena. Ketika saya melihat gambar ini di media sosial, langsung saya simpan dan upload dalam website ini. Ada bermacam-macam interpretasi ketika melihat gambar ini. Intepretasi saya adalah bahwa persoalan yang sederhana seringkali dibuat nampak rumit. Seringkali persoalan yang sederhana menjadi sukar untuk diselesaikan. Ini disebabkan karena kita lupa atau tidak tahu kepada hakikat sebenarnya dari sesuatu. Hakikat sebenar juga disebut sebagai hikmah dan juga kebijaksanaan. Sebagai seorang muslim, kita tahu bahwa tidak semua orang dianugerahi oleh Allah kebijaksanaan. Hanya untuk orang-orang tertentu saja — termasuk kepada para nabi dan rasul.

Saidina Ali bin Abi Thalib pernah berkata bahwa ilmu hanya diberikan kepada orang beriman. Maksud ilmu disini adalah ilmu yang penuh hikmah. Bukan ilmu seperti yang diterima oleh penerima hadiah Nobel kimia, fisika dan kedokteran — karena kita tahu banyak ilmuwan yang tidak beriman.

“There are many who know many things, yet are lacking in wisdom”

— Democritus

Published by

Hadi Nur

My name is Hadi Nur, a professor at Universiti Teknologi Malaysia (UTM) and an adjunct professor at Universitas Negeri Malang (UM). I can be reached easily online. Here, the table of content of my blog posts and search what you are looking for here.