Media, teknologi dan privasi

Gambar di atas adalah informasi yang saya ambil dari Google mengenai COVID-19 Community Mobility Report. Sudah dua minggu saya tidak keluar rumah dan Google mengetahuinya! Hal ini membuktikan bahwa Google dapat melacak pergerakan kita. Mungkin ramai orang yang tidak mengetahui bahwa Google mempunyai kemampuan ini. Sepertinya kita tidak lagi dapat bersembunyi dari Google yang memang pekerjaannya adalah melacak dan mencari. Mesin pencari ini sangat luar biasa sehingga dapat mengetahui perilaku kita.

Jika Anda menggunakan Google, mesin ini akan menyimpan sejarah pencarian Anda selamanya. Mereka tahu apa yang Anda cari di internet. Tapi tidak sampai disini, Google juga mempunyai kumpulan data yang sangat lengkap karena ramai orang yang menggunakan produk Google. Google juga mencoba melacak kemana Anda pergi jika anda menggunakan Google Maps. Dia juga tahu produk-produk apa yang Anda suka jika anda menggunakan pembelian secara online. Itulah, Google adalah perusahaan dalam bidang pencarian dan pelacakan! Secara tidak langsung Anda telah menjadi produk mereka.

Apa hikmah dibalik semua ini? Ini adalah pertanyaan yang perlu direnungkan. Apakah kita sudah merdeka? Apakah kita tidak lagi mempunyai privasi?

Published by

Hadi Nur

My name is Hadi Nur, a professor at Universiti Teknologi Malaysia (UTM) and an adjunct professor at Universitas Negeri Malang (UM). I can be reached easily online. Here, the table of content of my blog posts and search what you are looking for here.