Dilema COVID-19

Ada tulisan menarik mengenai dilema mengatasi COVID-19 yang ditulis oleh seseorang yang saya terjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Perhatikan dua eksperimen mental di bawah ini.

Ada troli yang meluncur di jalur kereta api. Di depan troli, di atas rel, ada lima orang yang terikat dan tidak bisa bergerak. Troli bergerak menuju mereka. Anda berdiri agak jauh dari troli tersebut dan berdiri di samping tuas. Jika Anda menarik tuas ini, troli akan beralih ke rangkaian trek yang berbeda. Namun di trek yang lain ada satu orang yang juga terikat dan juga tidak bergerak. Anda memiliki dua pilihan:

  • Anda tidak melakukan apa-apa dan membiarkan troli membunuh lima orang di jalur utama.
  • Menarik tuas dan mengalihkan troli ke trek yang lain dan akan membunuh satu orang.

Kemungkinan eksperimen mental yang lain adalah seperti di bawah ini.

Anda mempunyai pilihan antara menarik dan tidak menarik tuas.

Mana pilihan yang lebih etis? Atau, apa hal yang benar untuk dilakukan? Bukan pilihan yang mudah. Perlu pilihan untuk mengukur mudarat dan maslahat. Kita do’akan semoga wabah ini cepat menghilang dari muka bumi ini.

Published by

Hadi Nur

My name is Hadi Nur, a professor at Universiti Teknologi Malaysia (UTM) and an adjunct professor at Universitas Negeri Malang (UM). I can be reached easily online. Here, the table of content of my blog posts and search what you are looking for here.