Hidup saya dihabiskan di kampus

googleHNHampir seluruh hidup saya dihabiskan di kampus. Saya dilahirkan pada tahun 1969 ketika ayah saya menjadi Dekan Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS), Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Padang. Kebetulan kami sekeluarga tinggal di kampus IKIP, di Bukitinggi dan Padang, yang kemudian berubah nama menjadi Universitas Negeri Padang (UNP). Saya terus berhubungan dengan kampus ketika melanjutkan kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1987 sampai saya tamat master  1995. Kemudian saya melanjutkan Ph.D. di Universiti Teknologi Malaysia (UTM) pada tahun 1995 dan lulus pada tahun 1998, kemudian berkhidmat dengan UTM sampai sekarang. Hubungan saya dengan UTM terputus dari tahun 1999 sampai 2002 karena saya menjadi postdoc di Hokkaido University, Japan. Lebih dari 20 tahun saya dengan UTM.

Saya dilantik menjadi profesor di UTM pada tahun 2010. Idola saya, bapak, dulu juga profesor di Universitas Negeri Padang (UNP). Beliau pensiun tahun 2001 ketika berumur 70 tahun. Saya juga mengikuti jejak beliau menjadi profesor. Waktu saya kanak-kanak, bapak sering mengajak saya menghadiri kelas beliau. Tanpa saya sadari, mungkin ini yang menyebabkan saya berminat dengan dunia pendidikan. Foto di bawah ini adalah foto dua orang profesor dikeluarga kami, saya (tahun 2010) dan bapak (tahun 1990-an) menggunakan jubah profesor.

Al-hamdu lillahi rabbil ‘alamin

saya-dan-bapak

49094553926_197b7682ec_h

Published by

Hadi Nur

An ordinary man is living in Johor Bahru, Malaysia, who likes to write anything. Here, the table of content of my blog posts and search what you are looking for here.