Ceramah di Universitas Negeri Malang

Saya memberikan ceramah untuk mahasiswa dan diskusi dengan dosen Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Malang pada 30 Agustus 2019. Ini adalah tugas saya sebagai sebagai adjunct professor di Universitas Negeri Malang.

Perspektif

Kata “perspektif” adalah kata yang saya tulis pada halaman pertama presentasi saya di depan mahasiswa dan dosen-dosen jurusan kimia, Universitas Negeri Malang. Ini penting karena cara kita memandang sesuatu sangat berpengaruh kepada tindakan kita. Perspektif terhadap waktu, perspektif terhadap kehidupan, dan perspektif terhadap alam gaib, kepercayaan kepada hal-hal yang tidak dapat dirasakan, adalah hal-hal yang sangat penting dalam memandang.

Kita dapat melihat dari perspektif yang luas dan juga sempit. Kita melihat sejarah dan latar belakang dari sesuatu supaya kita dapat melihat hikmah dan kebijaksanaan dari semua itu.

Ada manusia yang berpandangan sempit dan ada juga yang berpandangan jauh. Ada yang baik dan ada juga yang jahat. Ada yang cerdas dan ada yang bodoh. Ada yang tabah dan ada yang cepat berputus asa. Ini juga perspektif dalam memandang, bahwa ini adalah realitas dunia.

Kalau kita lihat dalam perspektif waktu, rentang waktu yang panjang membuktikan bahwa budaya dan karakter yang kuat akan mengalahkan budaya dan karakter yang lemah. Dalam perspektif waktu, ada manusia yang terpaku melihat masa lalu. Ada yang antusias dengan masa depan, dan ada yang hanya memikirkan hari ini. Inilah dunia.

Perspektif yang luas dan dalam hanyalah diperoleh dari pengalaman dan proses belajar yang lama. Inilah yang saya terangkan dalam presentasi saya di Universitas Negeri Malang.

Published by

Hadi Nur

An ordinary man living in Johor Bahru, Malaysia who likes to write anything. This is table of content of my blog posts.