Sistem politik

Sistem politik didefinisikan sebagai proses untuk membuat keputusan resmi pemerintah. Sistem politik ini penting, dan negara juga mempunyai sistem hukum, sistem ekonomi, sistem budaya, dan sistem sosial. Dalam kenyataan, sistem ini kompleks karena menentukan siapa yang memiliki wewenang untuk membuat keputusan dan apa pengaruhnya terhadap pemerintah, rakyat dan ekonomi. Oleh karena itu, sistem pemilihan umum untuk memilih pemimpin menjadi sangat penting. Perlu pembenahan yang mendasar dan juga terus menerus terhadap sistem politik kita. Perlu pemikir dan pemimpin yang mempunyai integritas, cerdas dan berjiwa negarawan. Namun sangat menyedihkan, orang-orang seperti ini sangat jarang ditemui.

Saya mempunyai teman (seorang dosen) yang uangnya habis hanya untuk kampanye dalam pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Setahu saya beliau tidak kaya. Saya tidak tahu apa niatnya. Namun yang pasti, saya menilai, beliau belum layak menjadi pemimpin. Menjadi Dekan-pun belum pernah. Saya kasihan melihatnya di sosial media, seakan-akan mengemis-ngemis untuk dipilih. Saya perhatikan, orang-orang seperti ini yang banyak maju dalam pemilihan umum. Akhirnya, jika terpilih, keputusan ditentukan oleh orang-orang seperti ini.

Saya tidak bertujuan mengemukakan solusi, tetapi sekurang-kurangnya dapat melihat bahwa sistem politik kita (yang berbiaya tinggi) perlu dibenahi sehingga orang-orang yang mempunyai kompetensi yang menjadi pemimpin.

Published by

Hadi Nur

An ordinary man living in Johor Bahru, Malaysia who likes to write anything. This is table of content of my blog posts.