Grigori Perelman

Grigori Perelman, matematikawan sejati yang puas dengan pencapaian dirinya sendiri tanpa perlu pengakuan dari orang lain. Jauh dari sifat pamer dan narsis seperti saintis yang saya temui disekeliling saya, yang prestasi akademiknya sebenarnya semu.

Grigori Perelman membuktikan Poincare conjecture dan kemudian menolak hadiah satu juta dolar (Millennium Prize). Dia adalah satu-satunya matematikawan yang telah menolak Fields Medal pada tahun 2006.

Sukar untuk dipahami mengapa beliau menolak Fields Medal. Hadiah itu tidak berarti bagi Grigori Perelman karena motivasinya adalah hanya untuk memecahkan masalah yang sangat penting yang tidak bisa diselesaikan orang lain selama lebih dari seratus tahun. Dia satu-satunya orang yang mendedikasikan diri, praktis dalam isolasi selama 7 tahun untuk memecahkam masalah matematika ini. Tidak ada yang lebih penting baginya dari memecahkan masalah matematika. Dia benar-benar tidak peduli tentang uang atau ketenaran. Jadi, bagi pandangan kita, dia adalah pria yang sangat aneh. Perelman digambarkan sebagai orang yang sangat jujur oleh orang-orang yang mengenalnya sejak dia remaja.

Apakah kita juga jujur seperti Grigori Perelman?

Rujukan
https://www.quora.com/Why-did-Grigori-Perelman-refuse-the-Fields-Medal
https://en.wikipedia.org/wiki/Grigori_Perelman

Published by

Hadi Nur

I enjoy living in Johor Bahru area and always seek the truth.