Menyikapi informasi

Pagi ini saya dinasehati oleh seseorang mengenai bagaimana menyikapi informasi yang kadang-kadang tidak ketahui apakah itu benar atau salah. Ini nasehat beliau.

Jangan terlalu percaya dan ambil pusing dengan informasi-informasi yang kita terima, terutama informasi mengenai politik, yang beredar di media massa dan juga sosial media. Hal ini dikarenakan informasi tersebut mungkin sudah direkayasa, diubah atau dibesar-besarkan sesuai dengan keinginan dan tujuan dari pembuat informasi tersebut. Jika kita ingin betul-betul paham, kajilah informasi tersebut secara menyeluruh dan detail. Buatlah riset atau penelitian yang mendalam. Jika tidak, abaikan saja informasi tersebut.

Media sosial seperti Facebook, Twitter dan lain-lain hanya membuat kita menjadi pengecut. Orang dapat bersembunyi dibalik komentar mereka. Kebohongan juga mudah dilakukan. Cara yang paling bagus untuk mengurangkan kebohongan adalah dengan cara bertatap secara langsung sehingga peluang untuk berbohong sedikit.

Sosial media bagus untuk membantu komunikasi tapi sangat buruk untuk pembangunan mental manusia.

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

Get in touch with me online. This blog has a table of content and mainly written for my own purposes and based on "Google here, Google there." There has never been any claim that this is an original work. You can use the customized search engine to search for anything on this website.