Saya adalah guru

Saya adalah profesor. Profesor itu sebenarnya adalah guru. Ayah dan ibu saya juga guru. Mungkin karena saya dibesarkan di lingkungan guru, saya sensitif dan prihatin terhadap pendidikan, terutama pendidikan tinggi.

Tujuan pendidikan, termasuk pendidikan tinggi, adalah untuk menghasilkan manusia yang cerdas.

Apa kecerdasan itu?

Kecerdasan adalah kemampuan intelektual manusia yang diperlihatkan dengan prestasi kognitif yang kompleks dan tingkat motivasi dan kesadaran diri yang tinggi. Melalui kecerdasan, manusia memiliki kemampuan kognitif untuk belajar, membentuk konsep, memahami, menerapkan logika dan akal, termasuk kemampuan untuk mengenali pola, memahami gagasan, merencanakan, memecahkan masalah, membuat keputusan, menyimpan informasi, dan menggunakan bahasa untuk berkomunikasi. Kecerdasan memungkinkan manusia untuk mengalami dan berpikir.

Kognitif yang tinggi dapat dihasilkan melalui proses pendidikan untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman melalui pemikiran, pengalaman, dan indra.

Pertanyaan yang paling mendasar adalah, apakah kita sudah sampai tahap menghasilkan manusia yang cerdas? Berdasarkan pengamatan saya pribadi, jawabannnya adalah tidak atau belum.

Wallahu A’lam

Published by

Hadi Nur

I enjoy living in Johor Bahru area and always seek the truth.