Laporan Penilaian Prestasi Tahunan (e-LPPT)

Terdapat hikmah dibalik Laporan Penilaian Prestasi Tahunan (e-LPPT), yang wajib dilaksanakan setiap tahun, menilai orang lain dan dinilai oleh orang lain. Walaubagaimanapun, dalam kehidupan ini, tanpa kita sadari, kita selalu dinilai oleh orang lain dan menilai orang lain, dan seringkali kita lupa menilai diri sendiri. Kadang-kadang kita merasa sedih jika dinilai tidak bagus oleh orang lain. Hidup ini terasa tidak menyenangkan dan bahagia.

Ini yang dikatakan oleh Imam Al-Ghazali, bahwa untuk untuk menjadi bahagia, kita mesti mengenal diri sendiri sendiri terlebih dahulu. Dengan “mengenal diri”, kita akan dapat “menilai diri”. Dengan begitu, hidup terasa ringan karena kita mengetahui kekurangan kita. Kita menjadi tidak sombong. Perlu diingat bahwa tujuan dari hidup di dunia ini adalah proses kita dalam mendekati kualitas dari sifat-sifat Allah seperti benar, jujur, bijak, penyayang, sabar dan lain-lain.

Asmaa’ul husna, nama-nama Allah: https://id.wikipedia.org/wiki/Asma%27ul_husna

Wallahu A’lam

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

Get in touch with me online. This blog has a table of content and mainly written for my own purposes and based on "Google here, Google there." There has never been any claim that this is an original work. You can use the customized search engine to search for anything on this website.