“Tunnel effect” dalam kehidupan

Perjalanan manusia dari sebelum lahir, kelahiran, hidup di dunia dan akhirnya meninggalkan dunia menuju alam akhirat dapat dilukiskan dalam gambar di bawah ini. Kesadaran kita akan proses perjalanan ini memerlukan kesadaran bahwa manusia akan sampai pada efek yang saya analogikan sebagai “tunnel effect” dalam kehidupan.

quantum tunneling

Tunnel effect” atau “quantum tunneling” adalah fenomena fisika, dan sebuah proses mekanika kuantum dimana partikel dapat melewati penghalang energi potensial yang lebih tinggi daripada energi partikel. Efek ini digunakan untuk menjelaskan pelepasan partikel alfa dari inti atom. Kelahiran dan kematian dapat diibaratkan sebagai penghalang yang tidak terhingga (infinite), sedangkan waktu dari kelahiran dan kematian adalah “finite“. Diperlukan keimanan kepada hal-hal yang ghaib untuk memahami “quantum tunneling” dalam proses perjalanan manusia ini.

TunnelFetvsMOS
Quantum_Tunnelling_animation

Terowongan kuantum melalui penghalang. Pada titik asal (x = 0), ada penghalang potensial yang sangat tinggi namun sempit. Efek tunneling yang signifikan dapat dilihat.

Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS 62:8)

Wallahu A’lam Bishawab

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

This blog is mainly written for my own purposes. There has never been any claim that this is an original work.