Wajib militer – kunci keberhasilan inovasi di Israel

Israel Defense Forces (IDF) dengan program wajib militernya merupakan kunci keberhasilan inovasi di Israel. Lihat saja di “Start-up Nation Finder“, betapa banyak perusahaan-perusahaan yang dibuat dan berkembang di Israel. Program wajib militer di IDF membantu mengembangkan watak kepemimpinan dan juga inovasi yang sangat sesuai dengan sebuah startup. Tidak ada keraguan bahwa wajib militer memiliki efek positif pada Startup Nation.Dengan startup teknologi tinggi dan modal ventura per kapita yang termasuk tertinggi di dunia, Israel telah dikenal sebagai The Startup Nation. Perusahaan startup banyak terdapat di Yerusalem Timur, Nazaret, Ramallah dan bagian lain Tepi Barat, juga pusat cybersecurity Israel Be’er Sheva. Ekosistem inovasi subur telah tercipta sebagai hasil dari situasi politik, geografis dan budaya yang unik dan mengeksplorasi tantangan masa depan dan solusi dari masalah yang hadapi. Mungkin ini yang ditiru oleh Singapura.

Apa faktor yang membuat Israel kreatif, inovatif?

Militer — Di Israel, sebagian besar warganegara mengikuti wajib militer sebelum memasuki perguruan tinggi. Di militer, mereka diajarkan mengenai teknologi karena teknologi adalah komponen kunci dalam perang militer dan komunikasi militer. Lingkungan dan budaya di militer dibuat sedemikian rupa sehingga mendorong kewirausahaan dan kepemimpinan. Setelah meninggalkan dunia militer, banyak tentara muda tahu begaimana mereka memulai sebuah perusahaan dan memecahkan masalah dunia melalui solusi teknologi. Mereka hanya perlu mencari tahu apa masalah yang harus dipecahkan.

Universitas — Israel juga memiliki beberapa universitas terbaik di dunia yang fokus pada teknologi, seperti Technion di Haifa. Universitas-universitas tersebut berfungsi sebagai tempat untuk pengusaha dan ilmuwan berbisnis bersama.

Sumber Daya Pemerintah — Pemerintah Israel mendorong pengusaha muda untuk mengambil risiko memulai sebuah perusahaan startup dengan menyediakan dana awal. Pemerintah juga berusaha keras memberikan dukungan kepada pengusaha muda dengan mengenalkan perusahaan kepada investor, menciptakan kemitraan dan program yang dapat memberi dukungan bagi perusahaan baru.

Mentor — Para pebisnis yang pensiun bertindak sebagai investor di startup teknologi tinggi dan memberikan nasihat strategis mengenai bagaimana mengembangkan model bisnis dan berhasil masuk pasar dengan sukses.

Disamping faktor-faktor di atas, saya masih bertanya-tanya apakah agama memainkan peranan penting dalam kemajuan Israel sekarang. Agak mengejutkan saya adalah ketika menemukan Isral adalah negara yang kurang relijius:

https://www.algemeiner.com/2015/04/21/poll-israel-is-one-of-the-worlds-least-religious-countries/

Tapi perlu dicatat bahwa walaupun tidak religius, orang-orang Yahudi di Israel yang menyimpan unsur-unsur tertentu dari tradisi tersebut.

Startup Nation