Jujurlah pada diri sendiri – Don’t oversell!

Tulisan ini dibuat hanya untuk mengingatkan diri saya sendiri yang kadang-kadang tidak jujur pada diri sendiri. Kadang-kadang “overselling” – menjual sesuatu yang sebenarnya harga jualnya rendah atau sama sekali tidak mempunyai nilai jual. Hal ini seringkali berlaku ketika kita melebih-lebihkan prestasi yang kita capai.

Mengapa overselling tidak hanya dijumpai pada tukang jual obat, tetapi juga pada orang yang berpendidikan tinggi? Ada beberapa alasan.

Alasan pertama adalah karena ada perasaan inferior. Perasaan inilah yang menyebabkan orang bersikap untuk melebih-lebihkan dan “overselling” terhadap sesuatu prestasi, yang kadang-kadang prestasi tersebut tidak seberapa tinggi.

Kedua mungkin karena percaya diri yang sangat tinggi, sehingga seseorang itu merasa dirinyalah yang paling hebat, pintar dan tahu semuanya.

Ketiga karena orang tersebut salah paham terhadap kemampuan diri, sehingga dia salah menilai dirinya sendiri dan membaca situasi sepenuhnya.

Satu nasehat kepada diri saya sendiri adalah: Bersikaplah jujur ​​kepada diri sendiri dan rendah hati — Don’t oversell! Sikap overselling ini akan merugikan diri kita sendiri, karena lambat laun orang akan menilai kita dari ucapan dan tindakan kita.

Published by

Hadi Nur

My name is Hadi Nur, a professor at Universiti Teknologi Malaysia (UTM) and an adjunct professor at Universitas Negeri Malang (UM). I can be reached easily online. Here, the table of content of my blog posts and search what you are looking for here.