In Harmonia Progressio

Kalimat di atas merupakan motto dari Institut Teknologi Bandung, almamater saya, yang bermaksud “kemajuan dalam harmoni”. Artinya kita maju bersama-sama dengan penuh kerukunan. Hal ini didasarkan kepada arti daripada kata ‘harmoni’. Harmoni istilah berasal dari Yunani ἁρμονία (Harmonia), yang berarti “bersama, kesepakatan, kerukunan”. Dalam musik, harmoni sangat diperlukan supaya musik tersebut memberikan nada yang ‘enak’ didengar. Enak didengar? Ada kalanya musik tertentu enak didengar oleh kita tapi tidak enak didengar oleh orang lain. Ada yang suka jazz, ada yang suka dangdut.

Dalam kepemimpinan, seseorang yang telah terpilih atau dipilih sebagai pemimpin haruslah mengetahui ‘harmoni’ yang tepat dalam melaksanakan kepemimpinannya. Pemimpin tersebut haruslah memperhatikan ‘harmoni’ yang dapat diterima oleh banyak orang dalam menjalankan kepemimpinannya. Mampu memainkan harmoni yang baik inilah yang menyebabkan seorang pemimpin dapat dikatakan sebagai pemimpin yang baik. Tidak ada gunanya memainkan ‘harmoni’ atau ‘lagu’ sendiri tetapi tidak disukai oleh kebanyakan orang lain. Alhasil, semua target akan berantakan.

In harmonia progressio!

Print Friendly, PDF & Email

Published by

Hadi Nur

Get in touch with me online. This blog has a table of content and mainly written for my own purposes and based on "Google here, Google there." There has never been any claim that this is an original work. You can use the customized search engine to search for anything on this website.