Ambisi

ambitionSaya mengenal beberapa orang kawan yang sangat bersemangat dan berkeinginan sangat kuat untuk mencapai ketenaran dan kekuasaan. Kawan-kawan ini adalah pekerja keras dan selalu mencari peluang untuk mencapai tujuan tersebut, walaupun kadang-kadang banyak tindakan mereka tidak disukai orang. Dengan kata lain, ambisi kadang-kadang dapat menyebabkan kita mengambil jalan pintas sehingga mengorbankan integritas dan nilai-nilai moral.

Walaubagaimanapun, ambisi tersebut dapat menjadi dorongan yang tidak merusak. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk mengarahkan ambisi menjadi hal yang positif:

Gunakan ambisi untuk memanfaatkan kesempatan

Dengan ambisi kita dapat melihat cara-cara untuk melakukan hal-hal yang berbeda dan inovatif. Ini mungkin dengan mengembangkan penemuan-penemuan baru. Melakukan hal-hal yang berbeda dapat menjadi suatu kekuatan untuk melakukan kebaikan. Pengusaha sukses seperti Bill Gates, manusia terkaya di dunia, merupakan contoh orang yang menyalurkan ambisi mereka dalam mencari peluang-peluang baru.

Gunakan ambisi sebagai alat untuk perubahan

Jika kita berkesempatan menjadi pemimpin, kita dapat menggunakan ambisi ini untuk melakukan perubahan positif. Seorang pemimpin yang baik dapat mengindentifikasi keperluan untuk perubahan yang positif untuk kebaikan organisasi. Beberapa orang kawan saya gagal memanfaatkan peluang ini. Mereka malah memanfaatkan kekuasaan ketika mereka memimpin. Mereka lebih mementingkan ambisi pribadi daripada organisasi. Orang seperti boleh jadi dapat sukses dalam mencapai ambisi pribadi namun gagal sebagai pemimpin, dan akhirnya banyak dihujat oleh banyak orang.

Gunakan ambisi sebagai alat untuk pertumbuhan pribadi

Ambisi dapat menjadi keinginan untuk berprestasi. Oleh karena itu ambisi dapat menjadi alat pendorong untuk mencapai impian. Orang-orang seperti ini biasanya adalah orang yang selalu belajar dan bekerja dengan keras untuk mengembangkan kemampuannya.

Published by

Hadi Nur

I enjoy living in Johor Bahru area and always seek the truth.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s