Generasi Y: generasi “cuek atau tak kesah”

Dua perkataan yang sama artinya: cuek (Indonesia) = tak kesah (Malaysia)

Generasi Y, yang juga dikenal sebagai The Millennial Generation, merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan kelompok generasi yang lahir tahun 1980-an hingga awal tahun 1990-an. Ciri-ciri dari generasi ini adalah, mereka sangat akrab dengan dunia digital. Sebahagian besar dari mereka memiliki komputer, handphone, dan pemutar MP3 (iPod, Zune, Sansa, dll). Mereka juga sangat gemar menggunakan SMS melalui handphone, situs-situs sosial (Facebook, Friendster dll), men-download musik dan software menggunakan peer-to-peer file sharing.

Namun yang agak memprihatinkan adalah, bahwa generasi ini sangat “materialistik” dan “cuek” atau “tak kesah”. Dan di bawah ini adalah hasil survey yang dilakukan oleh USA Today. Dan… generasi inilah yang sekarang sedang saya ajar di universitas.

Published by

Hadi Nur

My name is Hadi Nur, a professor at Universiti Teknologi Malaysia (UTM) and an adjunct professor at Universitas Negeri Malang (UM). I can be reached easily online. Here, the table of content of my blog posts and search what you are looking for here.