Popularitas

“Tidak harus banyak teman agar engkau menjadi populer, singa sang raja hutan lebih sering berjalan sendirian. Tapi kawanan domba selalu bergerombol. Karena itu, sebenarnya yang diperhitungkan bukanlah jumlah teman yang ada di sekelilingmu akan tetapi banyaknya cinta dan manfaat yang ada di sekitarmu.”

[kata-kata hikmah Prof. Quraish Shihab]

When education institutions are controlled by capitalist mindset, then manything will be assessed from commercialization …

[My twitter status on 5 May 2016 and seems still relevant today]

Kesadaran palsu

Kita tidak dikatakan berpikir atau merubah sesuatu, jika pikiran tersebut hanya menerima dan hanya menjelaskan kenyataan atau fenomena yang ada.

Manusia yang hanya melekatkan hidup mereka untuk mencari kehidupan yang penuh dengan hal-hal yang simbolik, mereka tidak sampai pada eksistensi hidup sebagai manusia.

Manusia yang merefleksikan hidup mereka dalam komoditas, mereka hanya meletakkan diri mereka pada kebendaaan, seperti rumah, mobil, pakaian dan lain-lain. Hanya sampai disitu.

Kemaren saya bertemu dengan seeorang yang menyombongkan diri. Mungkin tidak seorangpun diantara kita yang senang melihat orang menyombongkan diri, apalagi kita tahu bahwa prestasi yang disombongkannya tersebut tidaklah sehebat prestasi yang sebenarnya. Atau mungkin dia hanya menutup kelemahan dirinya?